Pages

Kamis, 27 Desember 2012

Hukum Siklus, Pengulangan yang Telah Lalu


Segala sesuatu yang terjadi saat ini, merupakan modifikasi yang berasal dari masa lalu.
Hal itu dapat menjelaskan fenomena yang terjadi saat ini, misalnya dalam segi pakaian. Kita lihat model pakaian wanita saat ini mengikuti mode pakaian zaman dulu, sama – sama berasal dari bahan broklat,  bedanya untuk saat ini model nya bervariasi dengan motif yang beraneka ragam.
 Herbert Spencer, lahir di Derby, 27 April 1820 – meninggal di Brighton, 8 Desember 1903 pada umur 83 tahun. Dia adalah seorang filsuf Inggris dan seorang pemikir  teori liberal klasik terkemuka. Meskipun kebanyakan karya yang ditulisnya berisi tentang teori politik dan menekankan pada "keuntungan akan kemurahan hati", dia lebih dikenal sebagai bapak Darwinisme sosial. Spencer seringkali menganalisis masyarakat sebagai sistem evolusi, ia juga menjelaskan definisi tentang "hukum rimba" dalam ilmu sosial. Dia berkontribusi terhadap berbagai macam subyek, termasuk etnis, metafisika, agama, politik, retorik, biologi dan psikologi. Spencer saat ini dikritik sebagai contoh sempurna untuk scientism atau paham ilmiah, sementara banyak orang yang kagum padanya di saat ia masih hidup.
Menurutnya, objek sosiologi yang pokok adalah keluarga, politik, agama, pengendalian sosial dan industri. Termasuk pula asosiasi, masyarakat setempat, pembagian kerja, pelapisan sosial, sosiologi pengetahuan dan ilmu pengetahuan, serta penelitian terhadap kesenian dan keindahan. Pada tahun 1879 ia mengetengahkan sebuah teori tentang Evolusi Sosial yang hingga kini masih dianut walaupun di sana sini ada perubahan. Ia juga menerapkan secara analog (kesamaan fungsi) dengan teori evolusi karya Charles Darwin (yang mengatakan bahwa manusia berasal dari kera) terhadap masyarakat manusia. Ia yakin bahwa masyarakat mengalami evolusi dari masyarakat primitif ke masyarakat industri. Herbert Spencer memperkenalkan pendekatan analogi organik, yang memahami masyarakat seperti tubuh manusia, sebagai suatu organisasi yang terdiri atas bagian-bagian yang tergantung satu sama lain.
Karya Spencer yang utama :
1.      Syntific Philoshopy
Yaitu menyatukan atau menggabungkan beberapa ilmu menjadi satu yang meliputi evolusi biologi, sosiologi dan etika.
Titik dasar dari karya Spencer berdasar pada  :
·        Mengapa hal itu ada?
·        Mengapa hal itu berubah?

Tiga garis besar teori umum Spencer adalah :
ü  Adanya materi yg tidak terusakkan
ü  Adanya kesinambungangerak
ü  Adanya tenaga kekuatan yang terus  menerus
Kebenaran Universal Spencer
§  Kesatuan Hukum, kesinambungan antara kekuatan-kekuatan yang tidak pernah muncul dengan sia-sia dan tanpa akhir
§  Kekuatan tersebut tidak pernah musnah, namun di transformasikan ke dalam bentuk  persamaan lain
§  Segala sesuatu  yang  bergerak sepanjang  garis, setidak-tidaknya akan di lindungi oleh suatu kekuatan yang lain
§  Adanya suatu irama daripada gerakan (gerakan alternatif)
Dalam proses evolusioner terdapat faktor-faktor yang berbeda (ketidakstabilan hubungan di masyarakat), harus ada yang dapat menyatukan kombinasi ketidaksamaan tersebut.

Sumber : Siahaan M. Hotman. 1986. Pengantar ke Arah Sejarah dan Teori Sosiologi. Jakarta : Erlangga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar